Kiat Agar Anak Mau Tidur Siang

Kiat Agar Anak Mau Tidur Siang

MEMBIASAKAN anak tidur di siang hari memiliki manfaat besar bagi tumbuh kembang buah hati. Tapi, tak mudah untuk mengajak anak untuk masuk kamar dan tidur siang.
Tidak usah khawatir Mom, karena beberapa trik agar mereka dapat dibujuk untuk tidur siang. Berikut caranya:

Dorongan anak untuk tidak mau berhenti bermain salah satu penyebab anak menjadi sulit diajak tidur siang. Hatinya masih terus terdorong untuk terus bermain sepanjang hari. Godaan bermain anak zaman sekarang jauh lebih besar dan lebih beragam sehingga agenda tidur siang tak menarik untuk mereka. Tugas orangtua adalah menaklukan kesulitan tersebut demi kebaikan buah hati.

Tidur siang bermanfaat bagi pertumbuhan anak.Baik pertumbuhan fisik sehingga anak dapat tumbuh optimal, maupun optimalisasi perkembangan otak yang membuat anak meraih kecerdasan optimal.

“Tentu ada bedanya anak yang terbiasa tidur siang dibanding anak yang sejak kecil tidak dibiasakan tidur siang. Tidur siang selain mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan umur, juga merupakan masa bertumbuh. Dengan bertumbuhnya organ otak selama waktu tidur, berarti meningkat pula perkembangan kecerdasannya,” ujar Dr Handrawan Nadesul, dalam bukunya “Membesarkan bayi Jadi Anak Pintar”.

Lebih lanjut Dokter Nadesul mengujarkan bahwa kebiasaan tidur siang memang sudah harus dibentuk sejak masa bayi mula. Caranya dengan menerapkan kedisiplinan mengajak anak tidur siang. “Pada jam tidur siang yang tetap waktunya, anak diajak masuk kamar, dan suasana rumah dibangun terasa kondusif untuk tidur,” imbuhnya.

Awalnya mungkin tidak mudah, namun jika kebiasaan tidur siang sudah berhasil terbentuk, selanjutnya tidak sulit mengajak anak tidur siang. Malah kemudian anak sudah minta tidur siang. Ini penting mengingat manfaatnya, dapat lebih mengoptimalisasi pertumbuhan anak.

“Untuk lebih memudahkan membawa anak jatuh tidur siang, biarkan fisiknya lebih aktif selama pagi hari. Semakin letih tubuhnya bermain sepanjang pagi hari. Semakin letih tubuhnya bermain sepanjang hari, semakin mudah mengajaknya tidur pada siang harinya,” sarannya.

Tidur siang sendiri tak perlu lama. Cukup satu satu-dua jam asal tidurnya lelap. “Bukan lamanya tidur yang menentukan kualitas tidur, melainkan lelap tidaknya sebuah tidur. Tidur satu jam dan lelap lebih berkualitas ketimbang tidur lebih dari satu jam namun tidak lelap,” tandasnya.

Leave a Reply